Thursday 12 June 2014

Klarifikasi DJ Djakal (ex Purgatory): Tidak ada namanya Metal Satu Jari

http://4.bp.blogspot.com/-wkaSotBZHFM/Tn_g0vOU7VI/AAAAAAAAEls/XvacAw-xmAY/s1600/ke12-05.jpg
Purgatory Band


Assalamu'alaikum ikhwanul muslimin yang dirahmati Alloh, selamat pagi semua, semoga Alloh senantiasa melimpahkan keberkahan, kesehatan dan kejayaan buat kita semua. Semalam di kontrakan gue mati lampu, bukannya mau curhat sih hehehe, tapi ini bikin gue jadi tidur lebih cepat, dan ketika tengah malam gue terbangun, ternyata gue lupa belum sholat isya Hahahaha. Udah gitu gue sholat, tapi jadinya malah susah buat tidur. Lalu iseng-iseng gue nyalain laptop gue dan streaming youtube bentar. 

Di Youtube gue nemu video tentang klarifikasi seorang scratchmaster, mantan personilnya Purgatory Band. Para Mogers pasti dah pada tau lah, ya doi adalah Anggy Umbara a.k.a DJ Djakal.

http://ustadzabenk.files.wordpress.com/2012/07/prgtry.jpg?w=600
Anggy Umbara a.k.a DJ Djakal (ex Purgatory)

Anggy menuturkan klarifikasinya tentang istilah yang disebut-sebut sebagai "Metal Satu Jari".

"Saya kebetulan kenal deket sama pencetus satu jadi itu, euh Ombat. Kenal sebagai teman, kenal sebagai temen band juga, kenal sebagai temen kerja karena dia adalah juga salah satu pengacara saya di profesional work ya. Setau saya koreksi aja dikit, bahwa gada yang namanya Metal satu jari, yang ada itu Salam satu jari. Jadi kalo tadi dibilang tadi itu metal satu jari itu sebenernya gak ada. Itu fiktif. Dan itu adalah cap dari orang-orang yang me-lable satu jari ini sebagai dari kalangan metal. Padahal dalam Satu jari itu gak cuman metal doank, ada rapper ada segala macem"

"Trus kalo pernah ada isu yang bilang kalo Satu Jari ini adalah sebagai pemecah belah, itu sebenernya kembali lagi ke kitanya masing-masing. Masalah di Indonesia ini sebetulnya kan pluralisme ya. Keberagaman, maksudnya lebih kepada bagaimana kita menerima jika ada pemain-pemain metal, band-band metal yang ideologinya beda dari yang lainnya, bisakah kita menerima itu"

Hmm, jadi jelas nih, dari pernyataan bang Anggy ini kita bisa tau kalo yang bener itu adalah Salam Satu Jari BUKAN Metal Satu Jari. Mungkin stigma itu muncul karena memang Sang pencetus (Ombat Nasution) merupakan personil dari metal beraliran Grindcore jadi kesannya Satu jari ini identik dengan metal makanya ada istilah Metal Satu Jari. 

Setau gue Salam satu jari ini berdasarkan beberapa data yang gue dapet dari video-video di youtube tentang Salam Satu jari atau juga dikenal One Finger Movement ini cuman sekedar jalan alternatif yang dipilih oleh para sebagian anak metal pada awalnya, mereka mengganti salam yang tadinya salam metal menjadi salam satu jari, menghijrahkan sesuatu dari salam setan menjadi salam tauhid (satu = ahad). Mereka tidak cuman menghijrahkan salam, tapi juga menghijrahkan dari mulai kaos, yang tadinya gambar-gambar setan, menjadi gambar-gambar perjuangan islam, resistensi terhadap zionis sampai menghijrahkan attitude.

Dan satu lagi yang menarik di sini adalah pernyataan bang Anggy tentang pluralisme, gue sepakat sama doi, kalo memang metal ini adalah untuk semua, maka metal jangan sekali-kali tidak mengikutsertakan komunitas yang punya ideologi religi/ agamais karena itu kesannya jadi seperti mendiskriminasi. Sehingga Gerakan One Finger Movement ini bukanlah untuk memecah belah para pecinta metal, namun lebih kepada mengakomodir para pecinta metal yang punya ideologi lain yaitu ideologi ISLAM.




Sumber:
youtube.com


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi