Tuesday 25 February 2014

Perjalanan Musik

hallo, Gue Dani. Gue Musisi. Perjalanan musik gue dimulai sejak kelas 5 SD. Sebenernya, semenjak lahir, gue udah nyanyi, meskipun lagunya baru tau 'ea 'ea (pasti pada tau kan? hehehehe). Awalnya suka sama lagu Linkin Park (LP) yang saat itu (sekitar taun 2000an) lagi booming-boomingnya lagu "in the end". Gue sering nyanyi nyanyi gak jelas sama temen-temen gue, ya dengan suara pas-pasan menirukan gaya si vokalis LP yang sekaligus abang gue (hehehe, kidding :D) Chester Bennington.

Selain itu, gue juga pernah ikutan padus, saat itu tim padus khusus dipilih buat nyanyi pas upacara tiap hari senin. Jadi tiap hari senin, padusnya tetep itu-itu aja. hehehe. keren kan gue? ya jadi gitu deh kalo pas jaman-jaman SD. Sempet ngiri sama temen-temen gue yang lebih dulu bisa main alat musik. Waktu itu gue nyanyi (meskipun gak jelas), temen gue udah bisa main gitar. Kayaknya waktu itu gue masih beranggapan kalo maen gitar itu adalah hal terkeren.

So, pas gue masuk SMP. gue mulai beli kaset LP yang palsu ama yang asli. Waktu itu masih trend yang namanya kaset pita, gue yakin anak-anak SMP jaman sekarang kayaknya udah kagak tau yang namanya kaset begituan. Hahahaa. awalnya ngebet, jadi beli album "Hybrid Theory" nya yang bajakan. Barulah pas gue udah punya duit bisa beli album "Meteora" yang asli (original bro). Dari situlah gue mulai belajar ngRap hehehe. Pas awal-awal, gue pinjem kaset Hybrid Theory yang asli dari tetangga gue. Trus, liriknya gue fotocopy. hehehe maklum, anak SMP, duit aja masih minta ke mamah gue. Dari situ, mulailah gue hafal diluar kepala lirik-lirik sesat LP, hahahhaa. setelah gue punya yang album Meteora, gue lahap habis juga tuh kabeh lirik. ampe bener-bener hafal diluar kepala. 

Di sekolah kebetulan temen-temen juga pada suka musik. Cuman dulu jarang banget gue temuin temen yang sehati (cie.. sehati). hahahaha. Ya maksudnya sama-sama fanatik LP. temen-temen saat itu, lebih cenderung justru pada suka dangdut ama peterpan. ya elah, jauh banget ama LP. Jadi seenggaknya dulu gue juga tau dangdut. hahahaha. Berkesan banget pas dulu rame-rame nyanyi lagu malam terakhir, gue masih inget dulu pas malam terakhir Kemping Pramuka saat itu.

Pas masuk kelas 3 SMP, ceritanya udah pada senior nih di sekolah, jhahahaha, tapi tetep aja, takut ama guru olah raga. ngeri masbro. ahahhahaha. ya tapi bukan itu yang mau gue ceritain. jadi pas kelas 3 atau kalo sekarang lebih dikenal kelas IX. Gue ketemu lagi ama temen-temen gue pas kelas satu yang sempat terpisah pas kelas 2 tapi ada tambahan temen baru. Nah barulah pas kelas 3 ini gue ketemu ama temen gue yang juga suka LP. ada juga yang campuran, suka LP+yang lain, kyk 7 kurcaci.

Barulah saat itu, gue bareng temen-temen jadi suka ikut ke studio musik. Ampe satu saat gue pernah minta ijin ke temen gue buat bawain lagu LP, temen gue si Herry yang jadi gitarisnya. Tapi jadinya malah ngaco dan bener-bener awkward. wkwkwkwkwk. Yaa, tapi seru lah. Gila-gilaan bersama teman-teman (kok jadi kayak lagu ya? lagunya maroon 5). Sejak itu gue beli gitar pertama gue, dan mulai berlatih gitar di rumah. Sampe mulai belajar nyiptain lagu.

Masuk SMA, gue masih tetep menggilai yang namanya musik LP. Gak tau kenapa itu band, begitu menggairahkan buat terus didenger. Sampe satu saat, gue punya keinginan buat bikin band. Dan kesampean, jhahaha. Sempet lah gue ngajakin ngeband ama temen gue berempat diantaranya Gue, Galuh, Adi, sama si Ahmad.

Gak tau musik apa yang dulu pernah dibawain, seingat gue cuman lagu "in the end" yang bener dimainin, itupun in the end versi salah kaprah, ketukan drumnya beda, vokalnya asal-asalan, dan gitar ama bassnya gak masuk ketukan drum, ama satu lagi lagu anak-anak (si Galuh yang mulai) hahahahaha. yah tapi itu jadi kenangan manis, sekaligus memalukan. wkwkwkwkwk.

Selang beberapa waktu si Galuh keluar dari band, digantikan ama gitaris cewek, namanya obit dan nambah personil baru namanya subhan. semenjak sama mereka, band kita berhasil bertahan. yaa, seenggaknya ampe manggung pas acara graduasi. kita pake nama Virtual Band. obit yang kasi nama. Saat itu kita bawain lagu LP "papercut". hahahaha.. kagak percaya kan? sama gue juga gak nyangka. dan sekali lagi, manggungnya kacau beliau, hahahaha. terkesan dipaksakan. Tapi yaa sekali lagi, itu jadi kenangan manis sekaligus memalukan, wkwkwkwk.

Masuk kelas 2 SMA, virtual bubar, karena kami tidak sekelas lagi, sebagian masuk IPA, sebagian lagi masuk IPS. Pas kelas 2 gue bikin band lagi, awalnya cuman bertiga yaitu gue, deki sama si epson. kita bertiga udah kenal sejak kelas 1, kita ketemu di ekskul sekolah. Yaa jadi pas kelas 2 kita sekelas gak aneh lagi. Di kelas jadi sering ngobrol bareng, tiba-tiba kepikiran buat bikin band bareng. Akhirnya gue coba ajakin si Galuh yang juga sekelas lagi di kelas 2. Dan ternyata di mau.

Dari situ kita mulai briefing di kosannya si Deki. Waktu itu gue coba tawarin ke temen-temen, lagu gue sendiri yang berjudul "Pembelaan Bisu". Sebenernya lagu ini udah ada sejak gue sama Virtual. dan sempet juga dibawain di studio. hehehehe Lagunya cukup easy listening, dan chord nya tidak terlalu rumit, cuman main di kunci E sama Fm. Pas, anak-anak udah pada bisa bawain lagunya, mulailah kita coba ke studio buat bawain lagunya secara live. waktu itu formasinya si epson di drum, galuh di bass, deki di gitar, dan gue gitar sama vokal.

Suatu ketika gue, ngobrol ama temen gue yang udah cukup senior di musik. Namanya Badig. gak tau kenapa semua orang nyebut dia dengan sebutan Badig, artinya apa juga gue gak tau, hahahaha. Si Badig ngeliat kita yang sering main musik, dan pas pulang seusai UAS, si Badig bilang, kalo mau cari gitaris ajak si Tanto. Dengan agak sedikit heran, karena Tanto yang gue kenal saat itu adalah orang yang pendiam. Yang kebayang di otak gue saat itu "bener gak sih dia bisa main gitar?". Tapi akhirnya gue bareng temen-temen ajakin dia Brief, dan dia mau. briefing pertama kita, kasi preview lagu Pembelaan Bisu, dan struktur dasar melodinya.

Setelah selesai briefing, kita langsung cabut ke studio. dan apa yang terjadi. Kita semua melihat permainan gitar si Tando yang edannnzz... hahahhaa, ya sebenernya gak edan-edan amat sih, tapi cukup lah buat kita terkesima. xixixixi. 

Seja si Tanto gabung, kita mulai giat ngband dan mulai memikirkan nama. waktu itu, gue, epson sama tanto ngusulin 3 nama. gue ngusulin "Miuhard", epson ngusulin "Mol_c0ol" dan si tanto ngusulin "seckhkeuht" (dibaca sekeut). Dengan gaya pemilihan yang cukup keren yaitu dengan cara kocok arisan, akhirnya nama yang diusulkan epsonlah yang jadi nama resmi band kita. Itu kurang lebih sekitar taun 2006/2007, tepatnya gue gak inget. pokoknya sekitaran taun segitu.


Bersama mol_c0ol gue punya pengalaman yang keren. sempet ikutan parade dan masuk 10 besar yang kepilih manggung di bale paminton garut. waktu itu megasari studio yang ngadain. Ada pengalaman lucu pas acara ini (hahahahaa.. sory gue ketawa duluan). Jadi giin, pas giliran kita main, kebetulan udah menjelang adzan dzuhur. waktu itu lama banget si tanto checksound. Udah dicek segala rupa tapi gitarnya gak bisa nyala juga. Ampe gitaris Digidevice ikut turun ngebantu. Ampe tibalah saatnya kita main.Waktu itu, kita bawain 2 lagu, satu lagu Limp Bizkit "Break Stuff" dan satu lagi lagu ciptaan "Yours". dan pas masuk lagu kedua, lagi panas-panasnya lagu, kita dihentikan sama orang tak dikenal sambil membawa gergaji di tangan sambil maki-maki kita. Dia bilang "stop, stop, enggesan, enggesan," dalam bahasa indonesia kurang lebih artinya "Stop, stop, hentikan hentikan". Dan ternyata kami baru sadar, kami memainkan lagu ketika adzan dzuhur berkumandang. Dengan berat hati dan penuh rasa kecewa, kita berhenti. hahahha.. ya itulah pengalaman tak terlupakan.
Gigs pertama mol_c0ol

Kejadian lucu lainnya adalah ketika acara graduasi, kita mendaftar audisi band yang diadain sama guru seni musik, Bpk. Yusuf tercinta. dan Mol_c0ol lolos buat manggun pas acara garaduasi. dan ketika giliran kita tiba buat main, apa yang terjadi kawan-kawan? lampunya mati pemirsa, hahahaha.. dan acara graduasi dibubarkan (dianggap selesai) sama panitia. Entah apa yang terjadi saat itu, ada yang bilang emang dari PLNnya lah, ada juga yang bilang panitia memang sengaja matiin lampu. hahahahaha.

Bersama Mol_c0ol, gue berkarya dan menghasilkan sekita 10 lagu, diantaranya "Pembelaan Bisu", "Gemuruh Hati", "Yours", "Hatiku dan Langit", "Hari Setelah Hari Esok","Kecewaku", "Ini Aku", "Tak Perlu ada sesal", "Nafas Terakhir" dan "Breakstuff (Limp Bizkit Cover)". Buat Gue, waktu bersama Mol_c0ol merupakan, waktu yang berharga, kita ngabisin waktu buat ngband, berjalan di atas kerikit kehidupan bersama. Sampai satu ketika kita harus kuliah dan berpisah satu sama lain. meskipun masih bertahan sampe 4 semester pertama, namun pada akhirnya masing-masing sudah punya kesibukannya sendiri. jadi ya susah buat ngband lagi. Namun buat Gue Mol_c0ol tidak akan pernah bubar, meskipun tidak juga bergerak, mungkin nasibnya akan seperti band bandung "Balcony" yang reuni setiap 7 tahun sekali, dan merilis karya saat reuninya berlangsung.

Semenjak Mol_c0ol Vakum, gue bersolo karir, mulai nyipatin beberapa lagu diantaranya "Doa Sang Rapper", "BTBGT", "Antara Dosa dan Bencana", "Arah Keinginan", "Kami Tenang Bersamamu", "Yakini Semua Mudah", "Perpisahan", dan "Inilah Hidup". Beberapa Lagunya udah gue upload di reverbnation (http://www.reverbnation.com/danimonius).


Di akhir semester perkuliahan sekitar tanggal 5 Mei 2012, gue diajak sama temen gue obay buat bikin band. waktu itu kayaknya waktu yang tepat buat gue mengekspresikan diri lagi lewat band. akhirnya gue ajak Ahmad yang dulu sempet satu SMA dan sempet satu band juga dan kebetulan satu kelas di kampus, yang sekarang berganti nama menjadi Asant. sebenernya bukan berganti nama sih, cuman disingkat aja. Karena nama aslinya Ahmad Sanusi kalo disingkat jadi Asant (tambahan huruf T di akhir biar keren katanya). Untuk mengisi posisi bass, obay ajak indra, adik kelas dari jurusan teknik komputer di kampus gue. Dia bukan orang asing buat gue karena kita satu organisasi juga di kampus. Karena gue, obay dan asant sama-sama tau LP, jadi awal-awal kita ngband lebih banyak bawain lagu-lagu LP. Saat itu posisi drum diisi sama obay dan asant ngisi posisi gitar, gue di vokal.

Selang beberapa waktu, akhirnya kita nemu di jalan, hehehe, enggak deh, di kampus maksudnya, drummer yang cocok buat ngisi posisi drum, karena saat itu, obay lebih nyaman bermain gitar. Akhirnya posisi drummer diisi oleh Adam. Sejak adam gabung, kita jadi sering bawain lagunya Edane "Kau Manis Kau ibl*s". Dan gue mulai kasi lagu ciptaan. lagu ciptaan perdana gue di band ini adalah lagu "Hiduplah bersama kehormatanmu".

Gigs pertama yang kita isi, sejak gue ngband sama obay adalah acara festival ramadhan di salah satu mall di garut (eh sory.. ralat.. di garut mall cuman ada satu, jadi kata salah satunya di coret aja.. hehehehe). Saat itu kita butuh nama buat dicantumin di formulir peserta. secara tiba-tiba obay nyeletuk namanya SKIDGAR. Gue rasa, namanya bakalan keren kalo SKID aja, akhirnya diusulkan dan semua setuju. Di acara tesebut kita bawain 2 lagu yaitu lagu Edane dan lagu Hiduplah Bersama Kehormatanmu. Kalo mau tau lagunya, ada di reverbnation (http://www.reverbnation.com/stormkicksindonesiaskid). 
Gigs Perdana Sk-Id

Seiring berjalannya waktu, terjadi perdebatan masalah nama. Kita sempat berganti nama menjadi Storm Kicks Indonesia, karena dirasa terlalu panjang, akhirnya kita sepakat dengan nama SK-ID(dibaca -es ka ai di-). Kita sering ngisi acara-acara kecil, diantaranya di kampus STT Garut, STKIP Garut, dan di PUSDAI Bandung. Banyak kejadian lucu pas kita manggung. dari mulai hanya dibayar dengan nasi box, sampai kejadian lucu salah pelafalan nama band. Banyak orang masih salah dalam melafalkan nama band kami. kita juga sempat dibilang tim nasyid, wkwkwkwk. Yang paling lucu adalah bassis kami, indra, selalu berusaha membenarkan secara langsung, ketika MC salah menyebutkan nama band kami, hahahahaha.

Sekarang gue masih aktif bersama Sk-Id. Sampai saat ini gue hampir semua lagu SK-ID gue yang buat. Lagu-lagu SK-ID sampai saat ini: "Hiduplah Bersama Kehormatanmu", "Labil", "Kami Bicara", "Para Pembebas", "Morfin", "Mortality", "Naif", dan "Bumi Menangis".

Musik buat gue mungkin udah jadi sesuatu yang gak bisa dipisahin dari diri gue. Terlepas dari itu semua gue bersyukur atas segala pelajaran yang gue dapet selama bermusik, tentang kreatifitas, tentang komitmen, solidaritas, perjuangan, recpect, dan masih banyak lagi. Gue sadar dari awal, warna musik gue berkembang. Dari yang dulu hanya tau Linkin Park, sekarang Gue udah bisa dengerin lagu-lagu cadas yang mungkin kalo di flashback ke belakang lagu-lagu tersebut paling gue benci karena terlalu bising dan nyanyinya gak jelas. Seiring berjalannya waktu gue sangat meyukai musik metal, terutama musi metal yang lebih menyuarakan tentang pergerakan islam. Ini seperti sesuatu yang lebih dari sekedar musik. Mereka berbicara seolah-olah ada yang ingin disampaikan. Tentang krisis di sekita, tentang masalah dunia, tentang ketakutan, tentang pengharapan, tentang realita, dll.

Dan tanpa gue sadari sbenarnya pergerakan itu juga udah ada di musi gue sejak 8 tahun yang lalu sejak gue bersama Mol_c0ol. Pernyataan ini selaras dengan apa yang dibilang sama Eben Burgerkill, bahwa musik metal ini tidak hanya sekedar musik, tapi juga tentang movement. Dari situ, gue mulai ngerti kalo musik bisa lebih berbobot dan menjelma menjadi sesuatu yang lain saat musik itu berisi sesuatu, entah itu ideologi, misi, ataupun Secret Message.

hehehe. segitu aja ceritanya. Kapan-kapan gue share hal-hal yang lebih seru.
Jangan lupa follow twitter gue @danimonius , atau kalo mau report spam juga boleh lah, hahaha.
thank's buat semuanya.


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi