Sunday 8 June 2014

Istilah-istilah dalam Lirik

http://www.hammersmithlondon.co.uk/sites/default/files/images/Lyric-Logo.jpg
Istilah-istilah dalam Lirik

Beuh, 2 hari gak update postingan, traffic langsung anjlok gini beuh... yawes gue coba update lagi nih. Sehabis pulang kampung kemarin di sela-sela menjelang tidur kepikiran buat postingan tentang istilah-istilah dalam lirik. Emang iya sih, gue dari dulu cuman tau istilahnya aja, tanpa faham definisinya. Beberapa dari kalian tentunya juga mungkin ada yang senasib sama gue disini. Kalo gitu langsung aja deh, ini beberapa istilah yang gue kumpulin dari berbagai sumber:

Dalam pembahasan istilah ini gue coba angkat lagu Sk-Id - Hiduplah Bersama Kehormatanmu, hahaha sekalian promosi bro, hehehe.

petama: intro/opening
Intro sebetulnya berasal dari kata introducing. Dalam bahasa inggris introducing artinya perkenalan, jadi kalo dalam lirik ini bisa dikategorikan sebagai bagian awal lagu (sebelum masuk vocal).  Di lagu Sk-Id yang dimaksud opening adalah dari mulai kocokan gitar-scream-sampe sebelum vocal masuk.

kedua: verse
verse adalah bagian dari lagu dimana merupakan penyangga lagu atau bisa diibaratkan juga merupakan premis dari sebuah kesimpulan. Verse ini terdapat minimal satu dalam setiap lagu, jika lebih dari satu maka sering ditulis first verse, second verse, third verse, dst.

ketiga: bridge
Bridge kalo kita terjemahkan artinya adalah jembatan, maksudnya apa? maksudnya bridge adalah jembatan antara verse dengan chorus/reff. Bridge ini sebetulnya kalo menurut gue sih gak selalu dengan lirik, bisa juga dengan instrumen lain. Misalnya dengan fill in bass, drum atau gitar. Biar yeah banget gitu, hehehehe

keempat: chorus/reff
Chorus atau Reff adalah bagian utama lagu yang menjadi Gregetnya sebuah lagu, biasanya bagian Chorus ini yang paling sering diulang-ulang dalam lagu.

kelima: interlude
Interlude biasanya merupakan sebuah aksi permainan instrumen, tidak adal vocal di sini. Di Lagu Sk-Id interlude adalah ketika selesai chorus kedua, ditandai dengan permainan bass, disusul gitar.

keenam: guitar/melody
Nah kalo ini, sebetulnya sama juga kyk interlude cuman lebih kepada pengkhususan untuk gitar saja. Biasanya di lagu-lagu lama banyak yang menggunakan teknik ini, kesini-kesini orang lebih variatif membuat lagu sehingga tidak tok begitu-begitu saja.

ketujuh: overtune
Overtune adalah sebuah istilah untuk menungjukan naiknya nada, ini biasanya dipakai untuk variasi lagu agar bisa mencapai klimaks lagu. Di lagu Sk-Id ada pada bagian Chorus terakhir.

Oke, itu dia tadi secuil tulisan yang udah gue rangkum, kalo ada yang mau menambahkan, menyanggah istilah-istilah di atas, kalian boleh komen di bawah. Mudah-mudahan bermanfaat.

Sk-Id - Hiduplah Bersama Kehormatanmu Lyric



 
[intro]

[first verse]

Antara semua yang tercipta
Dapatkah kau baca
Tentang yang ku rasa?
Menjerit mungkin yang kulihat
Tapi ku bahagia
Dengan yang kurasa

[bridge]
Biarkan smangatku bersemi diantara puing sepi

[chorus]
Takan ada yang tertukar
Tentang nasibku dan nasibmu
Semua sudah ditentukan
Yang terbaik dan ku yakini

[second verse]
Yakinlah semua kehancuran
Semua kejayaan
Kan dipergilirkan
Artinya tak perlu menyerah
Teruslah berjalan
Lanjutkan risalah

[back to bridge]
[back to chorus]
[interlude]

[second chorus]
Sampai semuanya berakhir di atas keputusanNya
Dunia pun tergulung dengan tangan kanan Tuhan

[chorus]
Takan ada yang tertukar
Tentang nasibku dan nasibmu
Semua sudah ditentukan
Yang terbaik dan ku yakini

[overtune]
Semua pasti merasakan
Tentang hidup menjerit terhimpit
Tetap berdiri tuk tegar
Agar kau mampu hidup bersama kehormatanmu 

Sumber: 
berbagai sumber


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi