Monday 9 June 2014

Dibalik Lagu KAFIR Balcony Bandung

http://deathrockstar.info/images/2012/11/balc_2012.jpg
Balcony Band

Bulan januari lalu gue tiba-tiba kangen sama band yang dulu gue pernah suka lagunya yakni Balcony. Band Hardcore asal bandung yang pernah duet maut sama Ucok Homicide dalam lagu They School - Dead Prez Cover.

Sampai akhirnya coba surfing di internet kali-kali aja ada kabar terbaru tentang mereka. Akhirnya gue dapet link yang mengarahkan pada halaman resmi mereka di reverbnation (http://www.reverbnation.com/balconybdhc) dan disana gue nemu satu lagu berjudul "KAFIR". Karena gue termasuk pendengar musik metal juga, mendengar judul lagu seperti itu untuk lagu metal gue pikir gak aneh lah ya, karena memang kalo gue lihat memang sepertinya para musisi metal lebih berani dalam mengeksplorasi lagu termasuk dari sisi judul.

Akhirnya lagunya gue dengerin pada verse pertama liriknya kira-kira seperti berikut:
KUTOLAK TAKDIR, KU BAKAR JAUH SEBELUM AKU LAHIR
TUHAN AMATIR, KU BUKAN HAMBA MU, AKULAH KAF*R

Otomatis gue tercengang, dan bertanya-tanya ini apa nih maksudnya? sampai gue cari referensi tentang makna dari lirik ini. Setelah gue cari-cari ternyata Balcony mengkonfirmasi di akun facebooknya kalo di lirik itu merupakan sebuah manifesto, pernyataan sikap atas semerawutnya kondisi pemerintahan. TUHAN AMATIR yang dimaksud adalah Pemerintah, sedangkan KAF*R di sini adalah sebuah penolakan untuk taat, tunduk patuh kepada pemerintah.

Kritik:
Sebuah eksplorasi lagu sampai sejauh itu memang sebuah karya yang punya nilai estetis yang mantap, cuman mungkin gue disini coba kritik beberapa hal, pertama: penggunaan lirik tentang TUHAN dan penghambaan dengan istilah kafir bisa saja mengundang SARA, sebagaimana kita ketahui bahwa istilah Kafir itu sendiri adanya hanya dalam Islam. Dan juga, makna dari kata kafir itu sendiri dalam islam merupakan sesuatu perbuatan yang buruk. kedua: penggunaan kata-kata yang salah/kasar/buruk seperti kata KAF*R, ini bisa berakibat buruk juga untuk para penikmat lagu balcony ini, manakala ketika lagunya enak didengar maka para penikmat akan dengan senang hati memutar lagunya secara berulang-ulang. Dan akan menjadi sangat bahaya manakala kata-kata AKULAH KAF*R ini menjadi suatu kata yang terlihat gagah jika diucapkan oleh kita yang mendengarkan. Ini sama kasusnya seperti propaganda kata yang sering dilakukan oleh para musisi international, seperti f*ck yea, motherf*cker, sh*t, dll.

Ini gue takutnya ya, kalo semakin hari semakin banyak yang kyk gitu, orang akan semakin bingung, dan yang jadi korban mungkin orang awam, yang bisanya cuman ikut-ikutan, yang gak tau apa-apa. Makanya kultur ini sebetulnya jangan terlalu dipatok, Metal gak selalu harus begitu kok. Metal gak selalu harus kontroversial. Tapi di sisi lain gue gak menyalahkan sepenuhnya kepada Balcony karena memang kita selaku penikmat juga harus cerdas dalam mengangkap segala sesuatu yang kita dengar dan yang kita lihat.




No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi