Wednesday 4 June 2014

Edisi Tanggung Jawab dalam Bermusik


http://intisari-online.com//media/images/6604_puasa_sebagai_media_introspeksi.jpg


Euh sebagai informasi aja, hari ini gue ulang tahun, hehe, (makin tua aja nie umur). Usia baru, semangat baru, target baru, karya baru. Ya, ngomong-ngomong soal target, banyak banget target yang pengen gue capai di umur gue yang sekarang, salah satunya tentu dalam berkarya di musik. 

Bertambahnya umur harusnya berkorelasi juga dengan bertambahnya kedewasaan (ya..harusnya), untuk mengejar itu gue mencoba memperbaiki diri dalam segala hal termasuk dalam bermusik. Tambahin lagi referensi bermusik, latihan dan jangan lupa ini yang paling penting meningkatkan keimanan. Lho kok, apa hubungannya? ya ada lah, menurut gue pribadi setiap karya (apapun karyanya) juga harus kita kasi muatan ideologi, karena itu yang menjadikan sebuah karya tidak hanya sekedar karya, tapi juga "Berpesan/BerSesuatu". Berhubung ideologi gue islam, jadi sangat penting buat meningkatkan keimanan. 

Karena setelah gue pikir-pikir, hayati, rasakan dan renungi, ciee elah, dalem banget ya ngomongnya, ya ternyata ada penurunan skill yang gue rasain, meskipun secara pengetahuan bertambah. Akhir-akhir ini gue jadi jarang banget nulis lagu, kayaknya kok seperti susah banget dapetin ide, atau mungkin ide-ide sebenernya pada lewat berkeliaran depan gue, tapi gue nya gak nyadar, entah kenapa, selain itu kemampuan rapping gue menurun, gue jadi susah banget niru-in lagu-lagu yang ada rap nya, susah banget, belepotan banget, padahal 6 taun yang lalu gue lancar banget niru-in tu lagu. Ini mungkin sedikit banyak ada hubungannya sama kualitas spiritual gue yang makin melemah, ya gimana enggak, sekarang udah jarang banget ikutan kajian-kajian islam, padahal hampir 90% dulu gue dapet inspirasi dari situ semua.

Dari situ akhirnya gue bertekad buat mulai lagi semuanya, coba baca-baca lagi materi-materi yang sempat gue tulis di buku putih gue, gue gali lagi maknanya, gue coba baca Al Quran (meskipun belum sama artinya sih, hehe), dan kalo bisa gue pengen kajian rutin lagi. Bukan apa-apa, gue cuman pengen salah satu skill yang gue punya ini bisa jadi kontribusi buat islam sendiri, meskipun kecil tapi baru itu yang bisa gue lakuin sekarang ini.

Ya Alloh, manakala Engkau firmankan "dan AKU tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku" (quran surat adz dzariyat ayat lima enam), terbesit di benak ini akan tanggung jawabku sebagai manusia. Bahwasannya dalam setiap aktifitas bermusikku sesungguhnya adalah bagian dari rangkaian kehidupanku juga, maka berdosalah jika bermusikku juga tak kupenuhi dengan pengabdian kepadaMu.

Dan hari ini yang paling mengharukan adalah sms dari ibu gue, katanya "dani selamat ulang taun diduaken ku mamah sing soleh gede milik luhur darajat dibabarikeun rizkina amiin!!".. ngerti gak loe basa sunda? oke gue terjemahin, kurang lebih artinya gini "dani, selamat ulang tahun, mamah doain semoga jadi anak yang soleh, senantiasa diberkahi keberuntungan, derajat yang tinggi dan lancar rejekinya, amin!!"

Alhamdulillah, Alloh berkahi hari ini, Alloh ingatkan diri ini akan sesuatu yang sudah lama kutinggalkan, rumah yang sudah lama tak ku tengok lagi setelah terpana dengan rumah lain yang menggoda jiwa padahal hanya fatamorgana. (lebay banget ya gue, heuheu, gapapa lah sekali-kali). Yaudah lah, kawan-kawan sekalian mari menyongsong perbaikan, ke arah yang lebih baik. Jangan lupa coblos gue, jadi presiden Rocker 2014 wokeeehh!! Many Thanks \m/


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi