Thursday 20 March 2014

Tips Bikin Lagu

Write a song

Bikin lagu itu seperti bikin lukisan. Inspirasinya bisa dari mana aja, dan bisa dimulai dari mana aja. Beberapa tips gue mau sharing buat ente semua berdasarkan pengalaman gue selama ini.
Beberapa hal yang menurut gue sangat berpengaruh dalam nyiptain lagu diantaranya sebagai berikut:

1.      Referensi musik
Menurut gue, di dunia ini gada musisi yang gak punya influence, mereka pasti punya setidaknya 1 influence, bahkan mereka yang orang bilang something new sekalipun pasti punya influence, cuman bedanya ada pada modifikasi atau pengembangan. Untuk bikin lagu, ente pasti perlu yang namanya referensi music, ente jangan bosan-bosan cari referensi. Kalo gue bikin ilustrasi mungkin referensi itu kayak bahan racikan kimia buat bahan penemuan-penemuan baru. Ente bisa bikin formula racikan dengan memanfaatkan bahan-bahan itu, diaduk sedemikian rupa, dan jadilah sebuah lagu. Ente bisa comot dari mereka yang udah duluan sukses, mulai dari pola dasar ketukan drum yang sering mereka pake sampe ke loop-loop fill in yang kompleks, comot juga mulai dari cengkok-cengkok yang sering dipake para singer, screamer, atau rapper, ambil beat-beat yang standar dulu, gabung..gabung..gabung, modif dikit, jadi deh. Jangan lupa ambil ide unik dari mereka, jalan cerita yang mereka pake, biar gak selalu tentang itu-itu aja, kayak di Indonesia, cinta-cintaan mulu tema nya -__-.

2.      Tempat ngelamun
Oke kalo yang kedua ini mungkin selain gue juga ada yang pernah ngalamin hal yang sama, pas ente ngalamun, pas itu juga dapet ide buat dituangkan jadi sebuah lirik. Misalnya di toilet, di angkot, di mesjid pas lagi dzikir, di kamar, sambil tiduran atau di jalan pas ente lagi naik motor dalam perjalanan pulang ke rumah. Nah, kesini-kesini gue baca katanya cari inspirasi itu harus cari tempat yang pas, soalnya kalo kayak di toilet, ide yang keluar bisa jadi ide yang jelek (soalnya banyak bisikan setan. Hehehehe). Ya tapi seenggaknya carilah tempat yang sekiranya pas (kondusif) buat ente berfikir, yang tempatnya sepi, adem, gak banyak yang berisik, kalo bisa disebelah kita ada kopi anget menemani. Sendirian lebih nyaman untuk berfikir.

3.      Alat musik
Ide bisa juga datang pas kita main alat musik, misalnya pas main gitar. Gue sering main gitar tapi bukan bawain lagu orang, gue ngasal aja, nah disitu biasanya ketemu loop-loop mantap yang bisa kita bikin lagunya, pertamanya mungkin cumin dapet loop buat bagian intro atau reff, udah dapet loopnya, baru kita kasi lirik, udah gitu baru lengkapin yang lain pas bagian masuk lagu atau pas melody, kalo gak bisa bikin melody gitarnya, minta tolong aja ama temen loe yang jago main gitarnya. Selain gitar, inspirasi dari alat music juga bisa didapat dari drum, kalo dah nemu loop drum yang asik, biasanya ntar lirik ngikutin drum.

4.      Pengetahuan
Nah untuk poin ini agak berat nih, karena ini menyangkut kualitas lagu atau bobot. Kalo ente pengen lagu ente lain dari yang lain, ente harus sering baca buku, atau sejenisnya. Karena buku biasanya pake bahasa yang formal dan baku, nah disitu biasanya mempengaruhi kira dari segi lirik. Bahasa yang lebih kearah sastra itu leebih mewah ketimbang pake bahasa sehari-hari. Lagian juga gak berbahaya kalo anak-anak baca atau dengerin lagu kita, gak mengkontaminasi mereka. Pengetahuan ini juga gak selalu apa yang ente dapet dari buku, bisa juga tentang realita, krisis di sekitar, apa aja bisa ente jadiin stuff, ente bisa tuangkan sebagai bentuk agresi, perlawanan, resistensi, ungkapan prihatin, dll. Dengan begitu lagu ente bisa juga jadi seperti dokumentasi kejadian-kejadian yang terjadi kala ente nyipatin lagu, jadi kayak dokumentasi sejarah gitu.

5.      Passion and behavior
Jangan lupa juga untuk poin yang satu ini. Yang paling penting dalam hal bikin lagu adalah passion (gairah) dan behavior alias karakter ente sendiri. Kalo lebih suka di mellow, ya mellow aja, kalo suka yang cadas ya cadas aja, kalo moment pas ente bikin lagu ternyata lagunya cocok buat jadi lagu mellow kenapa juga harus jadi lagu metal, itu nantinya ngaruh sama penjiwaan juga, ciee penjiwaan, hahaha ya pokoknya gitu dah.
Kuncinya adalah memanfaatkan apa yang ente denger, lihat, dan rasakan. Missal lagi jalan trus denger di emperan denger lagu dangdut, tiba-tiba ente dapet ide, kenapa enggak kalo dibikin lagu. Atau pas lagi denger lagu band orang tapi samar kedengerannya, kadang suka muncul juga tuh inspirasi, jadi kakay professor salah teroi, malah jadi teori baru, atau kayak tukang cukur salah motong rambut malah jadi gaya baru, ya gitu deh pokoknya. Gitu aja yaa sharing soal tips bikin lagu dari gue, mudah-mudahan bermanfaat.




No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi