Saturday 29 March 2014

Home Recording Ala Sk-Id

Home Recording
Kali ini gue mau share tentang cara membuat studio rekaman sendiri ala band gue Sk-Id. Ini sekedar berbagi pengalaman aja, hasil trackingnya ente bisa dengerin lagu “Kami Bicara”di postingan gue sebelumnya. Oke, siap sodara-sodara? Here we go!

Peralatan
  1. PC/laptop (tapi gue rekomendasiin PC soalnya Laptop sering nglag)
  2. Bass
  3. Guitar elektrik (guitar akustik elektrik juga boleh, atau guitar biasa tapi pake spull)
  4. Jek untuk sambungan gitar ke laptop/PC, di took elektronik banyak, palingan cuman goceng, dulu gue beli pas jaman masih 3 ribuan. (Lihat Gambar). CATATAN! teknik ini berlaku untuk Laptop/PC yang Soundcard Mic samapa Speaker nya terpisah, Untuk Laptop keluaran baru yang port Mic ama Speakernya Bersatu kagak bisa dipake, kecuali pake alat tambahan (Souncard Khusus Recording)
  5. Headphone
Software
  1. Cubase 5
  2. Guitar RIG
  3. Asio 4 all
  4. Ezdrummer
  5. soundcard guitarlink
  6. Behringer driver (biar playback gak delay)
  7. windows 7 64 bit (gue lebih rekomendasi pake windows xp), berhubung laptop gue adanya 64 bit jadi yasudahlah...
Langkah-langkah
Karena langkah-langkanya akan jadi terlalu panjang, jadi gue bagi dalam beberapa postingan, jangan lupa siapin Kopi, Stamina dan Kesabaran, hehehe. Berikut alur secara garis besar, ente bisa klik link nya biar bisa lihat detail postingannya. 
A.      Instalasi CUBASE 5
B.      Instalasi GUITAR RIG 
D.      Instalasi EZDrummer
J.        Merekam guide guitar dan vocal (Cubase 5)
K.      Membuat template drum (Cubase 5)
L.       Take bass (Cubase 5)
M.    Take Guitar (Cubase 5)
N.     Take Vocal (Cubase 5)
O.     Mixer Balancing (Cubase 5)
P.      Memberi FX Distorsi pada Guitar (Cubase 5)
Q.     Memberi FX pada Vocal (Cubase 5)
R.      Exporting hasil Recording (Cubase 5)


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi