Monday 3 March 2014

Alat-alat Musik Tradsional Sunda

Beberapa diantara kita tentang alat-alat musik tradisional sunda, mungkin aja ada yang udah pada tau, atau cuman tau beberapa, atau bisa jadi ada yang belum tau sama sekali. Nah di sini gue mau coba share hasil pengumpulan artikel gue gabung-gabung jadi satu tentang alat-alat musik tradisional sunda, berikut diantaranya:

1. ANGKLUNG
Angklung
Angklung adalah alat musik tradisional (Waditra) Indonesia yang berasal dar Tanah Sunda, terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

2. KENDANG
Kendang

Gendang adalah alat bunyian yang diperbuat daripada kulit binatang seperti kerbau, kambing atau lembu. Ia merupakan salah sebuah alat muzik dalam keluarga genderang. Siter dan celempung Siter dan celempung adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda.

3. ARUMBA
Arumba
Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bahan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pada awalnya arumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannya menggunakan tangga nada diatonis.

4. KACAPI
Kecapi

Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Terdapat dua jenis kecapi dilihat dari fungsi dan bentuk yaitu kecapi siter dan
kecapi parahu(Kecapi Indung). Kecapi siter digunakan untuk mengiringi lagu-lagu kawih, sedangkan kecapi parahu (indung) digunakan untuk mengiringi tembang sunda (mamaos/Cianjuran).

5. SULING
Suling

Suling adalah alat musik tiup yang berasal dari sunda dan terbuat dari bambu. Dilihat dari ukuran dan jumlah lubang nada suling dapat digolongkan dalam 2 jenis yaitu suling yang berjumlah lubang suara 4 yang disebut suling degung dan suling yang berjumlah lubang nada 6 yang biasa disebut sulung kawih.

6. CALUNG
Calung

Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan mepukul batang
(wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).

7. REBAB
Rebab

Instrumen musik tradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah Rebab. Rebab berasal dari daerah Jawa barat, Jawa Tengah, Jakarta (kesenian betawi). Rebabb terbuat dari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis, mempunyai dua buah senar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonis. Instrumen musik tradisional lainnya yang mempunyai bentuk seperti rebab adalah Ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa, rebab jenis ini dapat dijumpai di bali, Jawa dan kalimantan selatan.

8. BEDUG
Bedug
Bedug

Bedug adalah sejenis Kendang. Ukurannya panjang, panjangnya lebih dari diameternya, terbuat dari kayu. Ada juga yang dibuat dari kayu gelondongan yang dilubangi tengahnya. Bentuknya ada yang silinder dan ada juga yang cembung simetris.

9. KARINDING
Karinding
Karinding


Karinding disimpan di bibir, kemudian ditepuk bagian ujungnya agar tercipta resonansi suara. Karinding biasanya dimainkan secara solo atau grup (2 sampai 5 orang). Satu diantaranya disebut juru Kawih atau yang mengatur ritem.
10. GOONG
Goong - Gong
Goong
Goong adalah  salah satu alat musik pukul dalam perangkat gamelan pelog. salendro atau degung. Fungsi Goong adalah manakala penutup nada. Nama Goong merupakan hasil dari suara yang dihasilkannya sendiri. Ketika dipukul suaranya berbunyi "Gooongg". Goong mempunyai bentuk paling besar dibanding alat musik lainnya seperti bonang dan jenglong. Macam-macam bentuk Goong diantaranya Goong gantung, goong buyung, goong tiup, goong bende.
11. BONANG
Bonang (Gamelan)
Bonang Gamelan
Bonang adalah alat tradisional yang  termasuk kedalam perangkat gamelan. Alat ini dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul khusus bonang. Bonang merupakan alat yang hampir sama dengan Goong yakni bentuknya menonjol (disebut penclon) tapi lebih kecil.

12. JENGLONG

Jenglong (Gamelan)
Jenglong Gamelan
Jenglong terdiri dari enam buah. Penempatannya ada yang digantung, ada juga yang disimpan seperti penempatan Kenong pada gamelan pelog.

13. CELEMPUNG
Celempung
Celempung
Celempung adalah salah satu alat musik tradisional sunda daerah jawa barat yang cara memainkannya adalah dipukul. Alat musik ini mempunyai fungsi sama seperti kendang yakni mengatur irama lagu. Orang yang memainkan Celempung disebut Celempungan. Dalam permainan Celempung biasanya dilengkapi dengan beberapa waditra lainnya diantaranya kecapi, rebab, atau suling dan goong buyung.
14.  DOGDOG
Dogdog
Waditra yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan. bentuknya bulat panjang agak sedikit mengecil ke ka bian bawah, terbuat dari kayu gelondongan yang dilubangi. Di kota banten dogdog lebih dikenal dengan sebutan dodod. Di Cisolok Sukabumi disebut dogdog lojor. Dogdog digunakan untuk pentas Reog atau Ogel.


Nah itu dia tadi beberapa Waditra alias alat musik tradisional sunda. Selain yang gue sebutin tadi di atas, sebenrnya masih banyak waditra yang belum disebutin seperti Demung, Elet, Gambang, Kecrek, Keprak, Kohkol, Kohkol Buncis, Kosrek, Kulanter, Lisung, Peking Rebana, Saron, Sempretan, Tarawangsa, Tarompet ama Toleat. Sisanya bisa kalian googling sendiri oke.

Sumber:
http://irsyadmaoelanathea.blogspot.com
http://datasunda.org
http://su.wikipedia.org
http://zhanschepotz.blogspot.com


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi