Monday 24 March 2014

Tengkorak - Profile

Tengkorak
Tengkorak adalah grup musik Indonesia yang didirikan pada tahun 1993 di Jakarta. Band ini mengusung aliran grindcore. Band Tengkorak diawali oleh Ombat, Danang, dan Yoyok pada akhir tahun 1993 dengan karakter musik yang dipengaruhi oleh salah satu dari pionir band grindcore asal Inggris yaitu Napalm Death. Tengkorak mulanya terdiri dari empat orang: M. Hariadi "Ombat" Nasution (vokal), Danang Bhudiarto (Bass), Yoyok Radianto (Guitars), dan Denny Julianto (Drums), kemudian, Pada tahun 1994 Adam Mustofa bergabung menjadi gitaris di line up ini. Tengkorak adalah band Grindcore pertama di Jakarta yang merilis mini Album berjudul "It's a Proud to Vomit Him" yang memuat 4 lagu yaitu: Primitive Jokes, Aggression, The Grave Torment dan Bencana Moral.

Tengkorak yang dikomandoi oleh Ombat memberikan penjelasan bahwasanya memang ciri khas metal yang diusung Tengkorak seperti mengalami perubahan ideologi 180 derajat. Topic–topic yang diangkatpun memang memiliki khas tersendiri. Jika selama ini metal identik dengan alcohol, seks bebas, narkotika dan hal hal negatif lainnya maka dengan tegas Ombat menyatakan, “Tengkorak dari dulu berjuang sendiri, mau band selevel Slayer, Napalm Death hingga Lamb Of God dah paham gue, buat Tengkorak semua band yang ngajarin sesuatu yang merusak generasi muda mereka itu musuh Tengkorak”.

Memang secara factual, topic–topic anti zionis sangat kental dalam syair-syair Tengkorak di persiapan album terbarunya nanti. “Musik ini senjata, sama seperti senjata AK47 yang dipakai mujahidin untuk lawan penjajah. Begitupun Tengkorak” jelas Ombat dalam sebuah obrolan ringan di pelataran Masjid Agung Al Azhar dengan redaksi Berandalan Puritan. Daus gitaris dari band crustcore Gunxrose juga mengatakan, “Satu hal yang berbeda antara Tengkorak dan band metal lainnya, Tengkorak itu bisa masuk baik di kalangan atas hingga kalangan bawah. Mungkin karena mereka memang telah melewati fase perjuangan benar benar dari bawah. Dan kalau ngobrol sama Ombat, gue seperti tidak melihat ada jarak antara seorang artis dan penggemar. Ombat bisa asyik, dan membaur dengan siapa saja, mereka punya masa dengan atau label Fans tengkorak”.

Ombat Nasution seorang magister hukum dan anggota tim pengacara resmi berjihad lewat jalur musik kira-kira sejak tahun 2000-an dengan mendeklarasikan musik Tauhid yang mengubah berbagai simbol metal dalam performa mereka. Simbol tiga jari diubah menjadi satu jari telunjuk, yang berarti tauhid. Lirik merekapun setelah itu konsisten dengan suara jihad dan anti zionis Israel. Tengkorak menyuarakan kepedulian terhadap nasib bangsa Palestina dan menolak kehadiran zionis Israel di Tanah Palestina. Seperti terdengar dalam lagunya yang berjudul Boycott Israel, Zionist Exaggration, Hisbullah, dan Dajjal Dunia.

Ombat juga sering terlibat melakukan orasi menentang paham-paham yang melecehkan Islam dan tokoh-tokoh anti agama, seperti saat Ombat menyuarakan anti JIL dan menentang kedatangan Lady Gaga. Saat berorasi di bunderan HI, Ombat menegaskan Islam turun dengan sempurna, "Hari ini, kita bersatu dan akan seterusnya bersatu untuk melawan pemikiran bodoh Barat. Kita tidak mau dijajah dan disesatkan kaum liberal,” kata Ombat seraya memekikkan takbir "Allahu Akbar!". Di akhir orasi, Ombat mengajak anak muda untuk mengganti salam setan metal dengan salam tauhid.

Tengkorak muncul sebagai band yang memperhatikan kondisi anak bangsa, yaitu anak-anak muda yang terbawa selera kebaratan dan terjerumus pergaulan tanpa arah. Mereka berani menyuarakan jihad, takbir, dan salam dalam setiap performanya. Termasuk simbol utama Satu Jari penanda Tauhid Islam yang mereka sebarkan. Aliran metal barat yang sarat dengan anti Tuhan, obat terlarang, dan pergaulan bebas, mereka kikis dengan memasukan muatan Islami ke dalam lirik mereka.

Tengkorak adalah icon legendaries yang tidak bisa ditandingi. Mereka memulai karir mereka dari nol besar hingga menggebrak dunia metal sampai ke scene global. Mereka kembali! Mereka eksis! Dan semangat mereka tidak akan mati! Ya benar Tengkorak Rules!

Sumber:
http://fajrin-dimension.blogspot.com



No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi