Tuesday 15 July 2014

Punk’s Not Dead, But RAMONES Is Dead

Berita mengejutkan datang dari Amerika Serikat. Tommy Ramones, pendiri band Ramones, meninggal pada hari Jumat lalu akibat kanker yang telah dideritanya sejak lama.

Dugaan sementara tim dokter karena Tommy terlalu banyak menenggak Alkohol sehingga menganggu kinerja organ hatinya. Kematian Tommy melengkapi kematian ketiga personil Ramones sebelumnya: Joey Ramones meninggal tahun 2001 akibat Kanker Kelenjar Limfa, Dee Dee Ramones meninggal tahun 2002 akibat overdosis obat-obatan terlarang, dan Johny di tahun 2004 akibat kanker prostat. Sehingga, saat ini, boleh dikatakan, Ramones sudah tidak ada lagi yang tersisa.

Tommy sendiri awalnya menjadi manajer bagi Ramones. Namun karena Joey agak kesulitan harus bernyanyi sekaligus bermain drum, maka TOmmy direkrut. Dia terkenal sebagai pencipta lagu yang jenius dengan ciri khas liriknya yang jenaka. Salah satu lagu terbaik Ramones, Blitzkrieg Bop, adalah hasil ciptaanya. Lagu itu menjadi ketukan dasar bagi para musisi Punk era itu dan selanjutnya.

ramones-cover-650
Ramones
Walaupun tidak terlalu booming di Amerika, di Inggris, Ramones jadi panutan. Mereka telah menginspirasi band-band Punk legendaris seperti Sex Pistols dan The clash. Banyak pengamat menyatakan, mereka lah yang menemukan Punk Rock. Meskipun banyak pula yang tak sependapat. Tapi di tahun 2002 lalu, mereka dianugerahi gelar Rock and Roll Hall of Fame. Bukti kalau musik sederhana yang mereka usung, memang cocok bagi telinga kebanyakan.

Ramones bukan hanya membawa warna musik baru, tapi juga gaya hidup baru bagi anak-anak muda tahun 70-an akhir. Gaya hidup itu yang disempurnakan oleh Sex Pistols dengan intrepretasi kebebasan tanpa batas. Punk masa itu, berkeliaran di jalan dengan gaya rambut khas mohawk atau jacket “berduri”, lalu menghabiskan waktu dengan menghisap ganja ataupun menghirup lem adiktif.

Terlepas dari gaya hidup itu, Ramones memang telah diakui mampu menghabisi era kejayaan British Invasion yang sangat terkenal pada masanya. Ramone pula yang meletakkan pondasi bagi musik Punk Rock yang populer hingga sekarang ini.
 
Sumber:
undergroundtauhid.com


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi