Sunday 18 May 2014

Tahukan anda tentang "PARENTAL ADVISORY" ?

Parental Advisory
Pernah denger gak sih kata-kata Parental advisory? ya, itu sering kita lihat di tempel di album-album musisi internasional. Stiker ini sering ditempel di band-band metal. Parental Advisory atau "Bimbingan Orang Tua" dalam bahasa Indonesia, adalah pesan yang ditempelkan Recording Industry Association of America (RIAA) kepada rekaman audio dan video di AS yang mengandung material ofensif. Pesan ini mulai ditempelkan di sampul album pada 1985, di bawah tekanan Parents Music Resource Center

Tapi konon katanya stiker ini hanya sebatas Warn aja, supaya para orang tua, lebih berhati-hati ketika anak-anaknya mendengarkan lagu-lagu band yang ditempeli stiker tersebut, Soalnya bisa jadi lagu-lagunya mengandung unsur seperti kekerasan, sex dan kata-kata kasar. Ga ada kriteria khusus tentang musik seperti apa yang wajib ditempeli stiker tersebut.

Nah, selaku orang indonesia nih kita kadang-kadang enak aja denger lagunya, tanpa paham apa makna yang mereka ucapkan, nah makanya kalo kita tau di album musik/band yang kita dengerin itu ada stiker Parental advisory, kita wajib hati-hati nih jangan sampai bahasa-bahasanya ampe kebawa pada kehidupan sehari-hari, kan kita gak mau juga kali kalo tiba-tiba kita ketemu ama bule terus diajak ngobrol gitu terus kitanya pake bahasa asa jeplak eh taunya itu bahasa kasar, gak mau kan?

Di luar negeri sana, biasanya beberapa album mereka publish tanpa stiker Parental Advisory namun mereka sudah melakukan beberapa sensor di lagu-lagunya, entah itu dibuat silent atau disamarkan ketika pengucapan kata-kata kasarnya, begitu kira-kira.

Perlu diketahui sekedar sharing saja berikut kata-kata kasar yang gue tau, misalnya aja Bullshit, asshole, motherfucker, fuck, fucking, bitch, piece of shit, sucker, dll. Gue tau karena gue juga suka musik-musik metal, dan gue sering dengerin lagunya sambil baca liriknya jadi gue tau mana kata-kata yang disensor mana yang enggak.

Oke guys, ini cuman buat pengetahuan aja ya, selebihnya sih terserah elo aja, tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat seenggaknya seperti menjaga bahasa indonesia untuk kelancaran komunikasi di indonesia, maka gada salahnya juga menjaga bahasa internasional untuk kelancaran komunikasi internasional.

Sumber:
wikipedia.com


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi