Tuesday 20 May 2014

Perkembangan Pemutar Musik

Suka pada dengerin musik kan? suka dengerin pake apa coba? Dengerin di HP, Tablet, PC, laptop? Ternyata banyak juga ya jenis-jenis alat pemutar musik. Nah gue jadi penasaran nih pengen tau sejarah pemutar musik dari waktu ke waktu itu seperti apa. Pada penasaran juga kan? Setelah gue coba surfing di internet ternyata alat pemutar musik sudah ada sejak tahun 1760. Mantap kan? Mari kita kupas satu persatu.

Music Box (1760)
Music Box atau Kotak Musik merupakan pemutar musik pertama dan tanpa listrik. Ditemukan oleh James Cox pada tahun 1760.
Music Box
Phonograph, Grapophone / Gramophone (1877 - 1887)
Alat pemutar musik yang pertama kali bisa merekam dan memutarkannya lagi adalah phonograph, alat ini dibuat oleh Thomas Alfa Edison pada tahun 1877 yang lalu ditinggalkanya karena ia memfokuskan percobaannya pada lampu listrik yang sedang ia eksperimenkan. Lalu, Alexander Graham Bell mencoba mengimprovisasi phonograph dan muncullah graphophone, dengan kualitas suara yang lebih baik namun graphophone tetap memiliki kekurangan, yaitu ketidakmungkinannya untuk dibuat terlalu banyak.  Pada tahun 1887, Emile Berliner mempatenkan ciptaannya yang diberi nama gramophone, gramophone merupakan graphohone yang telah disempurnakan.
Phonograph
 
Jukebox

Setelah gramophone yang pada tahun 1887 dikenal oleh seluruh masyarakat, munculah jukebox, yang pertamakali diteskan di   Palais Royale Saloon di San Francisco pada tahun 1889. Empat stetoskop yang berbentuk seperti tabung dilekatkan pada phonograph Edison yang dipasangkan ke dalam sebuah lemari kayu. Tabung-tabung itu dioperasikan secara individual, masing-masing yang diaktifkan oleh masuknya koin, hal itu mengakibatkan empat orang yang berbeda dapat terhubung ke lagu yang sama secara bersamaan. Alat ini pada awalnya dinamakan nickel-in-the-slot player dan lalu akhirnya lebih dikenal oleh jukebox pada tahun 1934.
Jukebox



8-Track
8-track diciptakan oleh seorang pria bernama Bill Lear yang bekerjasama bersama dengan Ampex, Ford Motor Company, General Motors, Motorola, dan RCA Victor Records (RCA). Berkat penemuannya ini, kita mampu mendengarkan musik tanpa mesin besar besar yang mengambil begitu banyak ruang di rumah kita, 8-track terus dikembangkan hingga kita bisa membawanya kedalam mobil untuk menikmati musik-musik yang kita ingin dengar. Berbeda dengan phonograph atau gramophone, 8-track dapat memutar ulang suara dan masih akan terdengar setiap kali dimainkan. 8-track juga tidak membutuhkan untuk menggores piringan hitam, hal ini menyebabkan langkah besar dalam teknologi.

8-Track
Compact Casette
1971, Philips menciptakan compact cassete (pemutar kaset) dan sangat populer pada tahun 70-an dan 80-an. Philips menggunakan pita magnetik seperti 8-track tetapi jauh lebih pendek lebar dan akan memungkinkan orang merekam ke kaset dalam jangka waktu yang lebih lama, lebih lama hal yang dapat direkam, lebih banyak musik yang bisa direkam pula dalam satu kaset.
Compact Casette
Sony Walkman
Sony mengeluarkan alat pemutar musik yang semakin efisien pada 1 Januari 1997, produk tersebut dinamakan Sony Walkman, alat pemutar musik ini merupakan alat pemutar musik yang menginspirasikan iPod dan Zune, tanpa diciptakannya Sony Walkman, sangat mungkin iPod dan Zune tidak ada. Walaupun saat ini posisi Walkman telah digusur oleh iPod, sampai sekarang Walkman terus berkembang dan tetap digemari walaupun karena mempunyai kualitas suara yang bagus dan lebih murah dibandingkan dengan iPod, walaupun fitur-fiturnya tidak sebanyak iPod.
Sony Walkman
Compact Disc
Tahun 1979, James T. Russel menciptakan Compact Disc (CD), dengan diameter 7 inci dan 45 rpm, berfungsi sebagai tempat penyimpanan data-data digital. Orang-orang menyukai CD karena mudah dimainkan dan tidak membuang banyak tempat. CD ini difokuskan untuk menjadi penerus dari gramophone untuk memainkan musik bukan untuk penyimpanan data, karena itu pada bulan Juni 1985, munculah CD-ROM (read-only memory) dan, pada tahun 1990, Sony dan Philips memperkenalkan CD-Recordable yang dapat merekam dan men-copy sebuah album musik tanpa cacat. Pada awal tahun 2000, CD menggantikan compact cassete sebagai standar untuk alat pemutar musik pada mobil.
Compact Disc
CD Portable/ Discman
Terinspirasi dengan suksesnya walkman, maka Sony merilis alat pemutar CD portable pada tahun 1984. Alat ini dinamakan discman.
 
Discman
MP3 Player
Namun, sejak munculnya MP3 Player, penjualan CD menurun. Dengan kualitas High-Audio ditambah bentuknya yang simpel dan tidak sulit untuk dibawa, masyarakat sangat menggemari alat pemain musik ini. MP3 Player, dapat diartikan menjadi “pemain MP3” dan MP3 itu sendiri merupakan format spesifik untuk audio.  MP3 Player pertama kali diciptakan pada tahun 1998 dan hanya bisa menampung paling banyak delapan lagu tetapi seiiring berkembangnya jaman, beberapa MP3 Player sekarang dapat menampung lebih dari seribu lagu sekaligus dan ukurannnya pun tidak sebesar dulu, sekarang dengan mudah MP3 Player dapat masuk kedalam saku dan tergantung di leher. Sampai saat ini, MP3 Player merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling populer dalam sejarah suara. Sebuah MP3 player pada dasarnya adalah perangkat penyimpanan yang menyimpan memori solid-state, seperti flash memory, dan perangkat lunak yang memungkinkan transfer file audio dari komputer ke MP3 Player. MP3 player juga dapat mencakup fitur seperti playlist, radio atau Website streaming. MP3 player biasanya menggunakan port USB pada komputer untuk mentransfer data. Setelah mentransfer file musik ke MP3 Player, data tersebut disimpan di dalam memori MP3 Player. Saat ini ada juga sejumlah alat lainnya yang memiliki MP3 player tertanam di dalamnya. Seperti radio satelit, smart phone, PDA, kacamata dan jam tangan.

Mp3 Player
Nah itu dia sekelumit pengetahuan tentang pemutar musik. Buat generasi-generasi sekarang yang cuman taunya gadget mudah-mudahan bisa jadi nambah pengetahuannya, ya mungkin siapa tau nanti kalian adalah penemu pemutar musik berikutnya yang terinspirasi dari blog ini, hehehe. Atau mungkin buat para pecinta barang anti bisa nambah wawasan kalo barang barang yang gue sebutin tadi mungkin bisa jadi salah satu tambahan koleksi kalian, hehehe.

Sumber:
labsky2012.blogspot.com
alffeus.blogspot.com
google.com



No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi