Saturday 5 July 2014

Cara Membuat Video Clip Claymation

http://www.mac-reviews.net/wp-content/uploads/2009/10/istopmotion-animation-for-the-masses_1.jpg
Claymation

Claymation merupakan sebuah seni animasi yang menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Secara mendasar teknik ini yaitu sebuah tanah liat dibuat sedemikian rupa menjadi sebuah karakter/tokoh/objek animasi. Objek tersebut kemudian difoto dengan posisi pertama, difoto lagi pada posisi kedua, kemudian balik lagi ke posisi pertama, difoto lagi, kemudian balik lagi ke posisi kedua, begitu seterusnya, Misalnya dalam satu video bisa terdiri dari 3 gambar/foto. Foto ke-1 adalah foto lirikan mata ke depan, kemudian foto ke-2 adalah lirikan ke kiri, dan foto ke-4 adalah lirikan ke kanan. Gerakan itu diubah satu per satu dan diambil gambarnya satu per satu.

Animasi jenis ini juga biasa disebut sebagai animasi Stop Motion. Banyak band yang mengaplikasikan teknik animasi ini ke dalam pembuatan video-video clip mereka. Yang gue tau misalnya aja Slipknot - Wait and Bleed, Tools - Sober, Hed Planet Earth - Truth Rising. Di indonesia juga udah ada lho yang bikin video pake teknik ini, yaitu Seringai di video clip mereka yang berjudul Taring.

Berikut gue mau share tentang cara bikin animasi Claymation. Chack it out!

Persiapan
Sebelum mulai, kita persiapkan dulu alat dan bahan, diantaranya adalah:
1. lilin dan kawat
Animate Clay Step 1 Version 2.jpg
Lilin dan Kawat
2. Clay tool set/ Pisau lilin
http://www.craftsunleashed.com/wp-content/uploads/2010/07/ClayTools1-AlyiceEdrich2-300x293.jpg
Clay Tool Set
3.Tang 
4. Kamera+penyangga (jika ada)
5. pewarna (opsional)

Langkah pertama

Oke pertama-tama tentukan terlebih dahulu objek apa yang mau kita buat. Dalam kasus ini yang akan dibuat adalah karakter Minion.

Langkah kedua
Selanjutnya, potongalah kawat secukupnya menggunakan Tang yang sudah dipersiapkan tadi sehingga cukup untuk membuat kerangka badan objek yang akan kita buat

Animate Clay Step 2 Version 2.jpg

Langkah ketiga
Kemudian buatlah kerangka objek sedemikian rupa agar pas menjadi kerangka karakter yang akan anda buat.

Animate Clay Step 4 Version 2.jpg

Langkah keempat
Kemudian, setelah kerangka tadi selesai, berikutnya kita buat dengan lilin yang sudah dipersiapkan tempelan-tempelan di kerangka yang tadi. Kalian bisa menambahkan warna dengan menggunakan pewarna pada lilin agar objek menjadi lebih sesuai, kecuali warna dasar lilin anda sudah cukup mewakili, tidak perlu ada tambahan warna. Gunakanlah Clay Tool Set untuk membentuk objek yang anda inginkan.


Animate Clay Step 5 Version 2.jpg

Langkah kelima
Seting lah kamera anda pada angel yang diinginkan sehingga objek sesuai dengan set up yang kita inginkan. Akan lebih baik anda menggunakan kamera yang memiliki fitur Record and Pause. Jadi akan lebih cepat dan mudah dalam penggarapan.


Animate Clay Step 6 Version 2.jpg

Langkah keenam
Lakukanlah jepretan pertama untuk posisi objek yang pertama. Perlu diperhatikan, bahwa penting mengingat posisi objek pertama. anda hanya boleh menggerakan ketika kamera mengambil gambar, sehinga perubahan akan terlihat sangat presisi dan smooth dalam perpindahannya.

Animate Clay Step 7 Version 2.jpg

Langkah ketujuh
Setiap gerakan dalam video disebut frame. Setiap 1 detik biasanya terdiri 24 frame, artinya ada 24 gerakan. Lakukanlah sedetail mungkin karena jika perpindahannya tidak presisi maka pada video akan terlihat seperti loncatan yang kasar dan tidak mulus.

Animate Clay Step 8 Version 2.jpg

Langkah kedelapan
Lakukan secara terus menerus pada setiap gerakan hingga mencapai motion yang kita inginkan.

Animate Clay Step 9 Version 2.jpg

Langkah kesembilan
Dan yang terakhir, setelah selesai pengambilan gambar, maka olahlah dengan menggunakan software animasi atau yang serupa untuk menggabung-gabungkan gambar atau foto-foro tadi menjadi animasi, Selesai dan cek lah hasilnya.


Animate Clay Step 10 Version 2.jpg

Tambahan:
Berikut Contoh video animasi Clay (hed)p.e. - Truth Rising:



Stop Motion (Claymation)



Sumber:
Wikihow.com
Youtube.com


No comments:

Post a Comment

Pengunjung Langsung

Designed By Seo Blogger Templates
Advertisment
'ALBARA STUDIO' - Jasa Foto dan Video Wedding, Pre-wedding, Garut 'ORDER KAOS, JEANS dan LEVI'S' - Ayo diorder kaos, jeans sama levi's nya, barang ORIGINAL, Garut 'Ayo bikin blog' - Jasa Pembuatan Blog Termurah Danimonius, Garut - Bekasi